Pengembangan Silabus dan
Perencanaan Pembelajaran PAUD
1. Menyusun silabi yang diturunkan dari indikator kompetensi menu generik
NO
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
SILABI- KONSEP/MATERI
|
1.
|
Agama dan Moral
Ø
Menyanyikan
beberapa lagu bernuansa imtaq
Ø
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan serta menirukan sikap
berdoa
Ø
Menirukan
gerakan ibadah dengan tertib
Ø
Menyimak
dengan baik cerita bernuansa imtaq
Ø
Meniru dan
menyebutkan nama-nama dan beberapa sifat Tuhan
Ø
Menunjukkan
rasa sayang dan cinta kasih kepada ciptaan Tuhan
Ø
Mengucapkan syair dan pantun imtaq
Ø
Mengucapkan terimakasih setelah menerima sesuatu
Ø
Mengucapkan salam
Ø
Menirukan dan mengucapkan kata-kata santun
Ø
Menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak
|
Ø
menyanyi
bernuansa agama dan moral
Ø
doa sebelum
dan sesudah belajar, makan, tidur
Ø
sikap khidmat
saat berdoa dan beribadah
Ø
mengenalkan
gerakan sholat
Ø
cerita sesuai
tema
Ø
Allah maha ada,
esa, hidup, mengetahui, penyayang,
Ø
sikap sayang,
mencintai
Ø
sikap syukur,
terima kasih
Ø
sikap
mengucapkan salam
Ø
sikap meminta
maaf
Ø
sikap
menghargai dan menghormati
Ø
syair dan
pantun
|
Fisik
Ø
§ Berdiri dengan satu kaki
bergantian
Ø
§ Berjalan ke depan
dengan tumit
Ø
§ Naik turun tangga dengan kaki
bergantian sambil berpegangan
Ø
§ Berlari sambil menggiring bola
Ø
§ Melompat dengan satu kaki
Ø
§ Melompat jauh melewati rintangan atau tali setinggi 25 cm
Ø
§ Dapat melompat dengan satu kaki sampai lima lompatan
Ø
§ Menendang bola dengan kaki
berayun ke depan dan ke belakang
Ø
§ Berjalan ke depan di balok
titian dengan tangan di rentangkan sebagai penyeimbang
Ø
§ Menangkap bola yang
dipantulkan dengan cara merangkul
Ø
§ Menangkap bola yang dipantulkan
dengan kedua tangan
Ø
§ Melipat kertas
Ø
§ Mengelompokkan benda-benda yang
tidak serupa
Ø
§ Membangun dari sepuluh balok
Ø
§ Menggambar benda yang dikenal
yang berarti bagi anak
Ø
§ Membuat garis mendatar, tegak
lurus dan lingkaran
Ø
§ Menggunting kertas di antara dua garis
|
Ø
- berdiri satu kaki
Ø
- berjalan dengan tumit
Ø
- naik turun tangga
Ø
- menggiring bola
Ø
- melompat satu kaki
Ø
- melompati tali rintangan
Ø
- melompat dengan satu kaki berturut-turut
Ø
- menendang bola
Ø
- berjalan di balok titian
Ø
- menangkap bola
Ø
- lipat, lurus, rapi
Ø
- serupa dan serupa
Ø
- vertikal, horizontal
Ø
- garis mendatar, tegak lurus, lingkaran
Ø
- menggunakan gunting
Ø
- mengelompokkan benda
Ø
- menggambar benda kesukan anak
|
|
Bahasa
Ø
§ Menjawab pertanyaan siapa, mengapa, dan
di mana
Ø
§ Bertanya pertanyaan “Apa”, “kapan” dan
“bagaimana”.
Ø
§ Merangkai kalimat dengan 4 buah kata
Ø
§ Menyebutkan jenis kelaminnya, usia dan
saudaranya
Ø
§ Mengerti dan melaksanakan dua perintah sederhana
Ø
§ Mengenali, menirukan dan mengetahui suara-suara benda dan binatang
Ø
§ Menunjukkan lebih dari 10 gambar yang dikenalnya
|
Ø
- menggunakan kata tanya siapa,
mengapa, dan dimana, kapan
Ø
- Laki-laki, perempuan, usia
Ø
- Nama, ciri dan suara binatang
|
|
Kognitif
Ø
§ Mengenal fungsi benda dengan benar
Ø
§ Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk,
warna, ukuran dan fungsi secara sederhana
Ø
§ Ikut dalam kegiatan membaca dengan mengisi kata-kata dan kalimat yang
kosong
Ø
§ Menunjukkan dan menyebutkan anggota tubuhnya
Ø
§ Mencocokkan hingga 11 warna
Ø
§ Menunjukkan hingga 6 (enam) warna yang
disebutkan
Ø
§ Menyebutkan dua warna dasar
Ø
§ Mencocokkan dua bentuk (lingkaran, segitiga, dan segi empat)
Ø
§ Menunjukkan bentuk-bentuk dasar yang diminta (lingkaran, segitiga,
segiempat)
Ø
§ Memahami konsep banyak/sedikit, kecil/besar, penuh/kosong, ringan/ berat,
pendek/tinggi, kurus/gemuk.
Ø
§ Memahami konsep buka/tutup, depan/belakang, keluar/masuk, di belakang/di
depan, dasar/atas, di atas/di bawah
Ø
§ Mengklasifikasikan sekitar empat macam benda
Ø
§ Mengerti apa yang harus dilakukan dalam
situasi tertentu
Ø
§ Mengenal sedikitnya sembilan
fungsi benda
Ø
§ Menggunakan barang atau benda lain untuk
membangun bangunan yang lebih komplit
|
Ø
- nama, ciri, fungsi benda
Ø
- bentuk (lingkaran, segi tiga
dan segi empat),
Ø
- warna (merah, putih, hitam,
hijau, biru, kuning) benda yang sudah dikenal.
Ø
- Banyak, sedikit, kecil, besar,
penuh, kosong, ringan, berat, pendek, tinggi, buka, tutup,
Ø
- depan, belakang, keluar, masuk,
belakang, depan, bawah, atas
Ø
- Klasifikasi benda berdasarkan
warna, bentuk, dan ukuran
Ø
- Menggabungkan beberapa bentuk
menjadi bentuk baru
-
|
|
Sosial Emosional
Ø
§ Mulai dapat menunggu giliran
Ø
§ Bermain bersama tetapi dengan
pengawasan orang dewasa
Ø
§ Mempunyai teman khayalan
Ø
§ Menggunakan balok atau benda lain untuk membuat bangunan sederhana
Ø
§ Mengikuti aktivitas sampai 20 menit
Ø
§ Bekerja dalam kelompok kecil selama 5
– 12 menit
|
Ø
§ sabar, antri
Ø
§ teman, bersama, fokus
|
|
Seni
Ø
§ Menyanyikan lagu anak-anak lengkap sesuai
irama dengan gerakan
Ø
§ Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai
alat atau benda
Ø
§ Menggambar/melukis dengan jari
|
Ø
§ Arti lagu, irama, gerak
Ø
§ Bunyi, sumber bunyi
|
|
Keterampilan Hidup
Ø
§ Menggunakan sisi sendok/garpu untuk
memotong makanan yang empuk
Ø
§ Menggunakan serbet
Ø
§ Melepas pakaian sendiri kecuali untuk
baju yang harus ditarik ke atas
Ø
§ Mengenakan celana atau rok yang
menggunakan karet pinggang
Ø
§ Mengenakan kaos kaki dan sepatu
Ø
§ Mengenal sepatu kiri dan kanan
Ø
§ Mengenakan pakaian sendiri
Ø
§ Membuka dan mengancingkan baju
Ø
§ Membuka dan menutup resleeting
Ø
§ Mencoba untuk menalikan sepatu
tapi belum benar
Ø
§ Berusaha untuk membersihkan sendiri
setelah BAK/BAB
Ø
§ Menyiram WC
Ø
§ Cuci tangan dan membasuh muka
Ø
§ Mengeringkan wajah tanpa dibantu
Ø
§ Menggosok gigi, berkumur dan membuang
airnya
|
Ø
§ Cara menggunakan sendok, garpu, serbet
Ø
§ Memakai dan buka baju
Ø
§ Membuka dan mengancingkan baju
Ø
§ Memakai celana atau rok
Ø
§ Memakai kaos kaki dan sepatu bertali
Ø
§ Cara menggunakan WC
Ø
§ Mencuci tangan sebelum dan sesudah ke
belakang
Ø
§ Menggosok gigi sesudah makan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar